Beranda Curhat Shut Your Cocot, Jangan Bacot!!

Shut Your Cocot, Jangan Bacot!!

Shut Your Cocot, Jangan Bacot!!

Shut your cocot, jangan bacot! | Setiap sesuatu ada pengecualian. Sebagaimana ada dusta yang diperbolehkan, ada juga kejujuran yang dikecam.

Kejujuran yang dilarang adalah menceritakan keburukan, keburukannya sendiri maupun keburukan orang lain. Walau keburukan itu memang benar-benar ada.

Pertama, menceritakan keburukan dirinya sendiri. Seperti seseorang yang barusan mengentot lima janda sekaligus dan tak ada saksi seorang pun, jangan sekali-sekali menceritakan itu pada orang lain. Berlaku zina adalah dosa, dan menceritakannya lebih besar dosanya.

Jika tidak seorang pun mengetahui keburukan Anda, berarti Allah menutupi keburukan itu, maka jangan tampakkan pada orang lain. Kecuali itu dalam rangka pengakuan pada hakim. Tetapi, diam dan bertobat nasuha jauh lebih baik darinya.

Kedua, menceritakan keburukan orang lain, atau apa yang biasa disebut sebagai gibah. Saking buruknya perbuatan ini, sampai-sampai Alquran menyebutnya sebagai memakan bangkai saudaranya.

Baca Juga: Mari Mulai dari awal lagi, I Love Blogging

Hanya dalam enam keadaan seseorang diizinkan bergibah. Yaitu pengaduan kepada pihak berwajib, membantu mengubah kejahatan, meminta fatwa, memperingatkan seseorang dari bahaya, menyebut ciri-ciri seseorang yang tanpanya tidak bisa dikenal, dan menggibahi orang yang terang-terangan melanggar aturan agama.

Di luar yang telah diizinkan, jangan sampai melakukannya. Orang yang menutupi aib saudaranya, akan ditutupi aibnya di hari Kiamat. Orang yang mengumbar keburukan saudaranya, maka Allah akan membeberkan keburukannya.

By: M Nuhid

Tulis Komentar