Beranda Inspirasi Sulfina aini, Tekuni Literasi Arab

Sulfina aini, Tekuni Literasi Arab

Sulfina aini
Sulfina aini

FATHNAN.ID – Siapa saja yang mengetahui bahasa suatu golongan, maka ia akan selamat dari tipu daya golongan tersebut, begitulah menurut Sulfina Aini, 19. Mahasiswi UIN Walisongo semarang itu, melontarkan sepatah kata yang membuat dia sangat semangat menekuni dan melatih diri dengan membiasakan mengonsumsi kamus, buku yang berbahasa arab.

Alumnus pesantren Attanwir Bojonegoro ini, mengaku sebelum terobsesi mempelajari literasi Arab dia sering kali merasa tereliminasi dengan santriwati lainnya. “Saya awal masuk pesantren itu hampir mau pulang, karena memang pesantren menerapkan dialog berbahasa Arab dengan teman, dan saya baru mulai belajar yang paling dasar.” Ungkapnya, sambil tersenyum bernostalgia.

Baca Juga: Anizcha Mauliyani Perkenalkan Batik Gedog

“Inti kesuksesan belajar adalah suka pelajaran yang nanti akan di geluti, dan tidak merasakan terbebani.” Tambahnya, dengan nada percaya diri.

Meskipun sebagian temannya yang menganggap bahwa menekuni literasi Arab merupakan hal yang sulit, akan tetapi semangat serta tekad mampu mengalahkan stigma-stigma negative yang berusaha mempengaruhinya. “Inti kesuksesan belajar adalah suka pelajaran yang nanti akan digeluti, dan tidak merasakan terbebani”

Dengan mempunyai tekad tinggi, Sulfi, sapaan akrabnya. Dia selalu meluangkan waktunya untuk membuka dan menghafalkan kosa kata kamus arab, hingga kini kuliah memilih Progam Studi Arab. “Minimal sehari hafal 50 kata arab” Timpalnya, dengan sedikit menekankan.

Dara asal desa, kecamatan Kepoh Baru ini, mengatakan untuk mengembangkan talentanya, sesering mungkin mengikuti perlombaan yang berbasis Arab, pidato, debat, menulis puisi dan lain sebagainya.

Selain itu, tak jarang dia mendapatkan piala penghargaan dari berbagai kontes tersebut. “kalau di kampus atau ma’had ada perlombaan apapun yang berbasis arab pasti saya ikuti”. Ujar dia. (Chasin)

Tulis Komentar