Beranda Desaku Akhirnya Desaku Tegalbang Punya Website Keren

Akhirnya Desaku Tegalbang Punya Website Keren

Pak huda

Selamat datang di blog Kang santri | Semoga kita senantiasa tetap dalam lindunganya, tetap diberikan rahmat, hidayah serta inayahnya. Amin.

Pada postingan kali ini saya akan sedikit curhat, saya sangat senang, ternyata di desa saya Tegalbang tercinta ini juga sudah mempunyai website keren loh,,.

Apakah desamu sudah punya website?

Banyak sekali manfaat ketika sebuah desa mempunyai jaringan Komunikasi seperti website resmi desa, seperti ini.

Sehingga nanti, Masyarakat akan di mudahkan ketika ingin mencari sumber Informasi di desanya masing-masing, Mulai dari mengetahui  Potensi yang ada di Desa, dan seluruh kegitan pemerintah desa.

Tidak hanya itu saja, apabila sebuah website desa menyajikan secara lengkap tentang profil-profil pemerintah desa, Khususnya kepala desa, maka akan dengan mudah kita mengenal dekat siapa sih kepala desa kita, siapa sih wakil kepala desa kita?.

Bapak Yudhi, Kepala Desa Tegalbang
Foto saya Bersama Bapak Yudhi masuk website Desa Tegalbang

“Terus kenapa kalau foto kamu masuk website desa tegalbang, kamu keren gitu?” Kata samudi sambil menyelumut rokoknya.

“Ahahahahah,,”

Ya meskipun sudah banyak yang tahu, bahwa kepala desa teagalbang itu Bapak Yudhi, saya yakin! Tidak semua orang di desa tegalbang ini tahu profil lengkap dari bapak yudhi.

Setiap Desa Wajib Memiliki Sebuah website/jaringan informasi, yang dalam hal ini telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Berikut kutipan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang mewajibkan Setiap Desa, memiliki Jaringan Informasi/Website:

UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA

BAB IX

PEMBANGUNAN DESA DAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN

Bagian Ketiga

Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan

Pasal 86


(1) Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

(2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

(3) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.

(4) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

(5) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.

(6) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa. aminjaya.desa.id


Bapak Fathul Huda, selaku bupati Tuban sendiri mewajibkan setiap desa memiliki website/jaringan Informasi, agar dengan mudah mempublikasi potensi yang ada di desa, dan keuangan yang ada di desa. dengan begitu, masyarakat bisa dengan mudah untuk mengaksesnya.

Tulis Komentar