Alasan Mengapa Saya Tidak Menggunakan Adsense

by Fathnan Id Maret 06, 2022
alasan saya nggak pasang adsense

Google Adsense merupakan perusahaan periklanan raksasa milik Google. Iklan yang berbasis konten ini banyak diminati oleh konten kreator mulai dari blogger, app developer, youtuber dan lain sebagainya.

Google Adsense merupakan alternatif tepat bagi mereka yang konsisten dengan tujuannya yaitu meraup pundi-pundi rupiah dari iklan Google yang dipasang di tiap kontennya.

Tak jarang jika banyak pemuda produktif yang ingin mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Bahkan, para artis Indonesia pun saat ini menjadikan AdSense sebagai alat pencetak uang yang menguntungkan.

Beragam pertanyaan kerap muncul di pesan WhatsApp dan kometar blog saya.

Mas, kenapa blognya nggak dipasang Adsense?

Blognya membahas Adsense, kenapa nggak ada iklan dari Google Adsensenya?

Di tulisan ini saya akan sedikit memberikan jawaban kenapa saya nggak pasang iklan Google di website ini.

Alasan Saya Nggak Pasang Iklan Google Adsense

Bukannya saya benci sama periklanan Google. Namun, saya pernah mendapatkan pengalaman buruk bekerjasama dengan periklanan Google. Sehingga, saya harus mencari alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari website ini.

Berikut ini alasan mengapa saya nggak pasang iklan Google Adsense:

1. CPC Terlalu Kecil

Berutunglah Anda yang tinggal di belahan Asia bagian utara. Di Indonesia, CPC dari periklanan Google bisa dibilang sangat rendah.

Bayangkan jika hanya sekali klik saja pada iklan yang dipasang di blog Anda, saldo yang masuk hanya kisaran 1.000 – 2.000 rupiah saja.

Itupun kalau ada pengunjung yang mau klik.

Berbeda dengan negara negara Asia selain di Indonesia. PPC yang diberikan Google lumayan besar yaitu kisaran 5.000 – 10.000 rupiah jika dirupiahkan. Singapura, Cina, Korea dan Jepang masih menduduki PPC terbesar di Benua Asia.

2. Memperlambat Loading Web

Seperti yang telah diketahui, script iklan yang dipasang akan memperlambat kecepatan server untuk merespon. Ini mengakibatkan loading blog begitu lambat.

Bisa dibayangkan ketika memasang satu script iklan saja blog akan terasa berat saat diakses. Apalagi kalau Anda memasang scriptnya secara ugal-ugalan.

3. Tidak Bisa Leluasa

Iklan dari Google Adsense merupakan pihak ketiga yang menawarkan suatu produk atau layanan dari orang yang beriklan di Google. Kemudian akan ditampilkan di website kita.

Kita tidak bisa leluasa karena mereka (Google Adsense) juga punya kebijkan yang harus dipatuhi oleh tiap publishernya.

Google bisa kapan saja merubah kebijakannya, dan bisa kapan saja membaned akun Google Adsense Anda. Inilah alasan mengapa saya tidak menggunakan Google Adsense sebagai alternatif mendapatkan uang dari internet.

4. Terlalu Banyak Aturan

Alasan kenapa saya tidak memasang iklan Google Adsense karena terlalu banyaknya aturan yang harus ditaati oleh pemilik blog.

Sejak pertama kali Google Adsense masuk ke Indonesia, peraturan yang dibuat semakin banyak dan memberatkan pemilik blog.

Banyaknya aturan dan semakin ketat aturan yang diberikan Google menjadikan blog rawan terkena banned.

5. Membuat Pembaca Risih

Bukan hanya tentang aturan saja, pembaca blog juga akan merasakan dampaknya. Faktanya, blog atau website yang dipasang iklan Google Adsense membuat pembaca merasa tidak nyaman.

Bahkan mungkin Anda sendiri ketika mengakses situs web yang berisi banyak iklan tentu merasa risih dan buru-buru pergi.

Meskipun saat ini template dan jenis plugin tertentu sudah dapat menyesuiakan dimana iklan itu ditampilkan, namun tetap saja iklan yang muncul mengganggu pandangan pembaca.

Padahal, salah satu motivasi mengapa saya tetap masih konsisten ngeblog adalah karena pembaca blog itu sendiri.

Kalau pembacanya sudah malas kembali ke blog saya, ini tentu berdampak buruk bagi blog saya.

Baca juga : Cara Daftar akun Adsense Bule Mudah

6. Harus Membutuhkan Kesabaran yang Tinggi untuk Menghasilkan

“Sabar, sabar, dan sabar” ini merupakan salah satu kata yang harus sering-sering dikatakan pada diri sendiri ketika mengandalkan pendapatan dari Adsense.

Menggunakan Iklan Google Adsense membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bisa mendapatkan penghasilan yang konsisten.

Paling sedikit, Anda masih harus menunggu 3 bulan. Ini pun kalau memang blog memiliki jumlah visitor yang lumayan banyak. Kalau tidak, mungkin bisa lebih dari itu.

Menurut pengalaman yang saya dapatkan dari beberapa tahun lalu ketika ingin mendapatkan penghasilan melalui Adsense, kesabaran tingkat tinggi pun belum tentu membuahkan hasil.

Ini dikarenakan meski saldo sudah terkumpul, proses pencairannya juga belum tentu berhasil. Ada syarat ini-itu, dan paling menyakitkan adalah kebanned saat saldo sudah terisi.

Alasan-alasan inilah yang kemudian membuat saya enggan untuk memasang iklan Google Adsense dan mencari alternatif lain untuk menghasilkan uang dari blog. Ingin mendapatkan wawasan lebih tentang cara mendapatkan penghasilan sampingan lewat online? Kunjungi Media Influencer.

(ggs).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: