Tips Memilih Hosting Bulanan Terbaik

by Fathnan Id Mei 18, 2022
tips memilih hosting bulanan

Hosting menjadi komponen penting dalam website sebagai tempat penyimpanan. Oleh karena itu pemilihan hosting harus diperhatikan dengan baik. Anda dapat membaca berbagai referensi mengenai tips memilih hosting bulanan terbaik.

Kenapa harus hosting bulanan? Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang baru membangun sebuah website atau terkendala dengan bujet/dana.

Selain itu, kemudahan untuk berpindah ke penyedia lainnya jika hosting itu terlalu banyak muncul masalah, semisal server down yang terlalu sering. atau juga biaya perpanjangan yang sangat mahal jika mengambil hosting berbayar tahunan.

Memilih Hosting Bulanan Terbaik

Untuk memilih hosting bulanan tentunya Anda harus perhatikan dengan baik dan membaca banyak referensi. Berikut ini merupakan tips bagi Anda yang ingin memilih hosting bulanan yang terbaik tentunya.

1. Performa Server

Pemilihan performa server sangat dibutuhkan dalam pemilihan hosting yang terbaik. Jangan sampai memilih performa server yang rendah dan malah membuat website menjadi lelet. Perhatikan juga apakah penyedia layanan sering mengalami masalah teknis.

Yang menjadi salah satu indikasi performa server baik ialah jarak atau lokasi. Semakin dekat lokasi server dengan lokasi pengunjung maka performa akan semakin baik. Jangan sampai website online Anda sulit untuk diakses karena performa server yang rendah atau sering mengalami masalah teknis lainnya.

2. Review Bagus dari Pelanggan

Anda harus perhatikan dulu ulasan pelanggan sebelum membeli sebuah produk, apapun itu termasuk hosting bulanan. Untuk mengetahui apakah jasa hosting tersebut bagus atau tidak Anda dapat mengetahuinya melalui review atau testimoni dari pelanggan lain yang sudah menggunakan jasa tersebut.

Caranya cukup mudah ketik saja di google ulasan hosting bulanan merek A semisal, nanti akan muncul beberapa ulasan dari pelanggan yang sudah pernah memakai produk hosting merek tersebut. Meskipun cara ini tak 100% persen valid, namun cukup membantu dalam memilih sebuah hosting.

Baca Juga: Web Hosting Tuban Terbaik

3. Harga Hosting

Dalam memilih hosting bulanan terbaik juga perlu memperhatikan harga yang ditawarkan. Jangan tergiur dengan harga yang murah tetapi ternyata memiliki kualitas yang buruk. Pemilihan hosting dengan layanan terbaik serta harga terbaik akan jadi incaran banyak orang.

Jangan juga salah dalam memilih hosting dengan harga mahal tetapi hanya memberikan layanan yang sama dengan hosting murah lainnya.

4. Sering Promo

Salah satunya adalah promo perpanjangan hosting yang lebih murah dari penyedia lainnya. Karena jika website Anda mengalami trafik yang meningkat dan sudah bisa menghasilkan uang, tentu membeli hosting tahunan bisa menjadi pilihan Anda.

Biasanya paket hosting tahunan harganya lebih murah dari paket hosting bulanan yang ditawarkan.

5. Dukungan Backup Data Website

Yang sering terjadi adalah jika website terkena malware/hack, dan Anda belum melakukan backup data sama sekali ini bisa menjadi masalah yang serius.

Untuk itu dukungan backup data dari penyedia hosting sangat penting, namun alangkah baiknya jika Anda juga harus melakukan backup rutin. Anda bisa menyimpan backup data sebuah website di Google drive atau di penyimpanan harddisk eksternal.

6. Layanan Customer Service 24 Jam

Layanan customer service yang melayani selama 24 jam juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih hosting bulanan. Sebab apabila sewaktu-waktu hosting mengalami masalah maka akan lebih mudah untuk mengajukan komplain ataupun untuk berkonsultasi.

Jika customer service tidak responsif dan tidak melayani 24 jam maka saat mengalami gangguan bukan pada jam kerja Anda harus menunggu sampai customer service buka.

7. Garansi Uang Kembali

Pilihlah perusahaan yang memberikan garansi uang kembali karena hal tersebut membuktikan bahwa perusahaan memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan. Mereka menjamin bahwa produk mereka yang terbaik.

Jaminan uang kembali ini tentu saja menjadi salah satu yang menguntungkan bagi pelanggan. Sebab jika hosting memang bermasalah pelanggan tidak akan mengalami kerugian.

Dengan membaca banyak referensi mengenai tips memilih hosting bulanan terbaik maka dapat membantu Anda dalam menemukan hosting terbaik yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: