Apa, sih, konten berkualitas itu?

Saya yakin, Anda pasti pernah mendengar ungkapan seperti ini “konten adalah raja.” Ungkapan itu sampai saat ini masih menjadi mantra yang terus diulangi oleh para pemasar digital di seluruh dunia.

Jika Anda bertanya bagaimana konten berkualitas bisa membantu bisnis dalam pemasaran digital, berikut ini saya akan memberikan gambaran sedikit untuk Anda.

Kita saat ini hidup di era digital, di mana orang tidak akan bisa bertahan hidup tanpa internet dan smartphon mereka.

Kalau memang ada, mungkin hanya beberapa saja.

Berbagai macam masalah sudah bisa diatasi dengan Google.

Google hadir karena memberi kesempatan kepada internet marketer untuk membuat konten-konten berkualitas yang sekiranya bisa membantu permasalahan orang-orang yang mencari informasi.

Jika Anda belum memiliki website, ini adalah kesempatan emas untuk Anda. Jika Anda merasa belum bisa mengoprasikan website/ blog, Anda bisa belajar.

Seiring dengan seriusnya anda belajar, Saya yakin Anda pasti bisa.

Namun, jika Anda sudah mempunyai website sendiri, hal pertama yang harus Anda kerjakan adalah membuat konten-konten berkualitas.

Mengapa?

Karena Google memberi peringkat halaman web berdasarkan relevansinya dan kualitas kontennya.

Oleh karenanya, kita akan membahas itu.

Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pahami dulu mengapa konten berkualitas itu sangat penting.

Apalagi untuk pemasaran online.

Ini menyangkut sudut pandang.

Saya akan menjelaskannya dengan pemahaman saya.

Pentingnya konten berkualitas bagi internet marketing

Menulis konten yang baik dan berkualitas adalah sebuah pilihan.

Jika Anda tidak ingin postingan Anda tenggelam di beranda Google, maka Anda harus berupaya membuat konten yang berkualitas.

Untuk membuat konten yang berkualitas, tentu Anda harus meluangkan waktu yang tidak sedikit.

Saya yakin, salah satu hal yang ingin Anda capai adalah agar situs web Anda bisa muncul di halaman pertama ketika orang mencari informasi.

Iya, kan?

Agar itu bisa terjadi, Anda perlu membuat konten berkualitas dan update konten-konten lama yang relevan secara teratur.

Yakinlah, kesuksesan sebuah blog/ web Anda ditentukan oleh kualitas konten Anda.

Dengan begitu, Anda akan paham sendiri bahwa konten berkualitas untuk blog/ website itu sangat penting.

Blog akan tampil di halaman pertama Google ketika blog tersebut dianggap paling relevan dan bermanfaat oleh Google.

Oleh karenanya, Anda harus memiliki konten berkualitas untuk membuat peringkat website Anda lebih unggul.

Karena konten yang bekualitas itu merupakan sudut pandang, Saya akan menjelaskan apa itu konten berkualitas menurut sudut pandang saya sendiri.

Dan Anda boleh menerapkannya untuk perkembangan website Anda.

Bisa dikatakan konten berkualitas apabila konten itu memiliki susunan berikut:

  • Dioptimalkan
  • Berharga (bisa memberikan solusi kepada pembaca)
  • Mudah dibagikan
  • Informatif

1. Dioptimalkan

Meskipun konten Anda berkualitas, Ingat! Anda tidak sendiri.

Ada jutaan webmaster di dunia ini yang akan menjadi pesaing Anda di internet.

Konten yang berkualitas saja tidak cukup untuk bisa ditemukan di mesin pencari.

Salah satu cara terbaik untuk bisa ditemukan di mesin pencari adalah mengoptimalkan konten Anda dengan cara memahami SEO.

Sampai saat ini, saya masih mempercayai bahwa SEO itu penting walaupun ada sebagian orang yang tidak terlalu mempedulikannya.

Menurut saya sah-sah saja. Tergantung Anda.

Saran saya, daripada sudah susah-susah membuat artikel, mending dioptimalkan supaya mudah ditemukan di mesin pencari.

Termasuk riset kata kunci di judul juga penting.

Dengan begitu, Anda tidak akan mengeluh karena artikel tidak ada yang membaca.

Jangan meniru web-web besar yang sudah mempunyai banyak pengunjung.

Mereka tidak pernah riset judul. Walaupun begitu, artikel mereka akan tetap dibaca oleh pengunjung setianya.

Kalau Anda?

Jangan sia-siakan satu artikel berkualitas Anda. Optimalkan dan pahami SEO lebih dalam lagi. SEO sangat penting untuk keterlibatan satu artikel berkualitas Anda.

Jangan pernah mengeluh tentang teka-teki SEO yang tidak menentu. Kadang artikel bisa dengan mudah di halaman pertama, kadang tidak.

Sebenarnya itu tergantung Anda. Saya tadi mengatakan “riset kata kunci judul juga sangat penting.”

Kenapa penting?

Agar Anda tahu berapa pesaing kata kunci yang telah Anda bidik.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca pentingnya analisis judul sebelum membuat artikel.

Percayalah! Usaha tidak akan menghianati hasil.

2. Berharga (bisa memberikan solusi kepada pembaca)

Logikanya begini, Anda pasti pernah membeli sesuatu yang menurut Anda sangat memuaskan.

Membeli bakso misalnya.

Anda merasa puas dengan bakso yang Anda makan saat ini karena sebelumnya Anda tidak pernah makan bakso seenak itu.

Pasti Anda akan merasa puas dan akan kembali lagi membeli bakso tersebut.

Sama halnya dengan pemasaran online.

Ketika Anda memberikan sebuah konten yang berkualitas dan bisa memberikan solusi kepada pengunjung Anda, otomatis pengunjung Anda juga akan puas dengan konten yang telah Anda sajikan. Seperti halnya bakso tadi.

Kejadian seperti ini masih jarang disadari. Terutama untuk blogger pemula yang ingin selalu cepat menerbitkan artikel, tanpa memikirkan kualitas konten.

Jika Anda ingin berhasil menjadi internet marketing, satu-satunya cara terbaik adalah membuat mereka ketagihan dengan apa yang baru saja Anda sajikan karena ini akan membangun kepercayaan pengunjung kepada Anda.

3. Mudah untuk dibagikan

Ketika mereka merasa puas dengan apa yang baru saja Anda sajikan, tentu mereka akan dengan senang hati membagikan artikel Anda.

Tanpa disuruh.

Sama halnya dengan bakso tadi.

Ketika Anda merasa puas membeli bakso itu, pastinya Anda juga akan menyarankan kepada teman Anda dengan mengatakan “bakso di sana lho enak!, kemarin saya membeli bakso di sana. Rasanya benar-benar wow banget.”

Menyajikan konten berkualitas seperti ini sangat penting untuk perkembangan blog Anda.

Ketika pengunjung merasa puas mereka akan membagikan konten Anda tanpa ada yang menyuruh.

Cara terbaik untuk itu adalah buatlah konten yang berkualitas agar konten Anda bisa dibagikan orang-orang dengan mudah.

4. Informatif

Sepertinya Anda juga setuju jika saya mengatakan “konten yang berkualitas adalah konten yang informatif, konten yang banyak memberikan informasi yang manfaat kepada pembaca.”

Jika setuju, maka Anda harus memberkan informasi yang bermanfaat kepada pembaca blog Anda.

Setidaknya konten Anda bisa menjawab setidaknya satu atau dua pertanyaan dari apa yang mereka tanyakan.

Sebagai contohnya, anggap saja Anda adalah seorang ahli memasak juga seorang blogger.

Kemudian ada salah satu pembaca Anda yang bertanya seputar masakan. Di sini tugas Anda adalah memberikan mereka artikel yang informatif, artikel yang bisa menjawab pertanyaan mereka.

Ketika Anda melakukan cara ini secara terus menerus, bukan tidak mungkin blog Anda akan dicintai oleh banyak pembaca.

Dan mereka akan terus kembali membaca artikel-artikel terbaru Anda.

Pertanyaannya.

Apakah konten Anda sudah memiliki karakteristik seperti di atas?

Jika sudah, maka Anda sudah bisa dikatakan sebagai internet marketer handal, seorang blogger yang hebat.

Jika belum, Anda harus mulai fokus membuat konten berkualitas.

Jangan lupa untuk mengikutsertakan SEO dalam satu artikel berkualitas Anda.

Ini sangat penting untuk keberadaan artikel Anda di mesin pencari.

Itulah pandangan saya mengenai konten yang berkualitas. Jika Anda punya pendapat yang lain, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here