website yang bayar cerpen

7 Website Yang Bayar Cerpen [2024]

Punya bakat menulis cerpen? Berikut ini rekomendasi website yang bayar cerpen Anda. Selamat datag di website kami. Untuk sebagian orang, menulis merupakan akitvitas yang menyenangkan. Selain dapat mengasah otak kiri kita dalam merangkai kata demi kata, menulis juga dapat menghasilkan uang.

Ada buanyak sekali cara untuk mendapatkan uang dari hasil menulis. Banyak juga website yang membayar para freelance dari hasil karya tulis mereka. Jika Anda hobi menulis, atau pandai dalam membuat cerpen, sayang sekali kalau karya Anda tersebut tidak dimanfaatkan menjadi hasil sampingan.

Anda dapat mengirimkan hasil cerpen Anda ke berbagai situs yang membayar cerpen. Dan pada artikel kali ini, admin akan memberikan rekomendasi website yang akan membayar cerpen Anda.

Selain mendapatkan cuan dari hasil karya cerpen, karya Anda juga akan dibaca oleh ribuan bahkan jutaan pasang mata di Indonesia. Untuk itu, silahkan simak daftar website yang membayar cerpen Anda.

7 Daftar Website Yang Bayar Cerpen

Berikut ini daftar situs yang akan membayar cerpen Anda. Silahkan kirim hasil karya cerpen Anda dan konsultasikan kepada admin di situs yang Anda pilih.

1. Basa Basi – Tempat Kongkow dan Bercerita

Rekomendasi website yang akan membayar cerpen Anda pertama adalah basabasi.com. Website ini adalah sebagai salah satu media digital yang menyediakan asumsi bacaan berkualitas untuk para pembaca situsnya.

Website ini juga sebagai salah satu situs penerbit cerpen yang menerima karya cerpen Anda. Tak hanya cerpen saja, Anda juga bisa mengirimkan karya tulis jenis lainnya seperti film, novel, artikel review dan lain sebagainya.

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda perhatikan sebelum mengirimkan karya tulis di situs basabasi.co di antaranya sebagai berukut:

  • Tulisan atau karya yang Anda kirimkan sebelumnya belum pernah ditulis dan dipublis. Baik di media cetak maupun digital.
  • Tiap cerpen yang dikirimkan akan mendapatkan bayaran. Cerpen Rp. 300.000. Puisi Rp. 250.000. Esai Rp. 300.000. Dan artikel ringan Rp. 200.000.

Jika dalam dua bulan setelah Anda mengirimkan cerpen atau karya tulis Anda, kemudian Anda tidak mendapatkan pemberitahuan, maka sudah bisa dipastikan tulisan Anda tidak lolos.

Anda dapat mengirimkan karya tulis melalui email: grobaknaskah@basabasi.co

2. Republika Online

Ketika Anda merasa yakin karya cerpen yang Anda tulis memiliki seni dan patut untuk dipublikasikan, ada baiknya Anda mengirimkan cerpen hasil karya Anda di Republika Online. Namun, untuk mengirim di meja redaksi online Rebublika bisa dikatakan cukup sulit.

Bahkan, ada juga beberapa orang yang mengatakan, untuk mendapatkan bayaran setelah karya tulismu dipublish, Anda harus menagihnya beberapa kali. Jika Anda tertarik untuk mengirim cerpen atau karya tulis lainnya, Anda bisa kirim email ke: sekretariat@republika.co.id.

3. Kompas.id

Rekomendasi situs yang membayar cerpen berikutnya ada Kompas.id. Media cetak dan digital ini menerima karya tulis Anda. Bahkan, menurut banyaknya refrensi yang menulis bayaran yang akan Anda dapatkan ketika mengirim cerpen di situs ini adalah Rp.1.400.000. Sedangkan untuk karya puisi Rp.550.000.

Jika Anda tertarik mengirim karya tulis di situs Kompas.id, silahkan kirim karyamu ke email: opini@kompas.com.

4. Jawa Pos

Jawa Pos merupakan salah satu media koran/cetak dan juga sebagai salah satu media digital besar di Indonesia. Selain menyajikan berbagai berita terkini seputar artis, nasional dan loka, Jawa Pos juga sering menerbitkan cerpen. Baik di media cetak maupun online.

Jika Anda berbakat menulis cerpen dengan kualitas berbobot, ada baiknya Anda mencoba untuk mengirim karya tulis tersebut ke Jawa Pos. Jumlah fee yang akan diberikan oleh Jawa Pos untuk cerpen kisaran Rp. 925.000 – Rp. 1.000.000. Sedangkan fee untuk karya puisi Rp. 725.000. Anda akan dibayar setelah 14 hari karya dimuat di media Jawa Pos.

Setelah itu, Anda akan ditransfer ke rekening bank Anda. Jika Anda tertarik untuk mengirimkan karya tulismu ke Jawa Pos, Anda bisa mengirimkannya ke email: editor@jawapos.co.id.

5. Tempo

Rekomendasi website yang akan membayar cerpen Anda berikutnya ada Tempo.co.id. Media portal online dan cetak ini juga menerima hasil karya tulis Anda dengan fee yang lumayan banyak. Untuk karya cerpen akan dihargai Rp. 750.000.

Sedangkan untuk karya puisi Rp. 600.00. Jika Anda tertarik dengan website Tempo untuk mengirim karya tulis Anda, silahkan kirimkan karya tulis Anda ke email: sastra@tempo.co.id.

6. Media Indonesia

Situs yang menerima cerpen selanjutnya Anda Media Indonesia. Salah satu media besar juga yang ada di Indonesia. Untuk dapat mengirimkan cerpen di situs ini, ada beberapa syarat yang harus diikuti. Pertama, karya tulis tidak pernah dipublikasikan sebelumnya. Baik di media cetak maupun online.

Kedua, karya tulis cerpen harus original dan minimal harus memuat 9000 karakter di dalam tulisan. Berdasarkan beberapa sumber, karya tulis cerpen Anda akan dibayar Rp. 705.000. Sedangkan untuk Rp. 625.000. Jika Anda tertarik mengirim cerpen di Media Indonesia, silahkan kirimkan email ke: cerpenmini@mediaindonesia.com.

7. Bonus – Fathnan.id

Fathnan.id selain menjadi media informasi dan bisnis, kami juga akan memberikan kesempatan bagi Anda yang mempunyai hobi menulis. Kami tidak menerima cerpen. Namun, kami menerima jenis artikel review tentang bisnis, artikel wisata (travel).

Sebagai salah satu contoh artikelnya berikut ini; wisata Kebumen. Anda bisa menulis daftar layanan, produk, wisata, kuliner, dll. Artikel yang Anda kirim harus benar-benar original. Minimal 2000 kata. Kami tidak menerima artikel spinner atau artikel robot.

Jika artikel Anda lolos, kami akan mentransfer penulis yang mengirimkan artikelnya Rp. 75.000 – 150.000/artikel. Tertarik untuk mempublikasikan artikel Anda? Silahkan kirim email ke: mbaengguyu@gmail.com. Itulah daftar 6 website yang akan membayar cerpen Anda dengan harga yang cukup lumayan.

Setelah mengetahui daftar website yang akan membayar cerpen Anda. Ada baiknya Anda membaca beragam manfaat menulis cerpen.

Manfaat Yang Akan Anda Dapatkan dari Menulis Cerpen

Ketika Anda menulis cerpen, berikut ini beragam manfaat yang akan Anda dapatkan:

1. Bisa Mengungkapkan Isi Hati

Tiap orang tentu ingin sekali mengatakan isi hati ataupun uneg-uneg yang terdapat di dalam dirinya. Pada dasarnya, telah banyak perihal yang dapat dicoba untuk mengungkapkan isi hati, salah satunya caranya yaitu dengan menulis cerpen. Dengan menulis cerpen, seseorang penulis dapat menuangkan isi hati serta uneg-uneg ke dalam sebuah tulisan yang dibungkus dengan cerita menarik.

Tatkala isi hati serta uneg-uneg telah dikeluarkan, maka hati akan terasa lega serta rasa senang dapat timbul. Tidak cuma itu, kita dapat juga membebaskan diri dari tekanan-tekanan yang lagi dialami, sehingga kegiatan tiap hari bisa dicoba dengan optimal serta kesalahan bisa diminimalisir dengan baik.

2. Melatih Diri untuk Mempunyai Karya

Kayaknya tiap orang tentu akan bahagia sekali kala mempunyai suatu karya yang dibuat diri sendiri. Terlebih jika karya yang dibuatnya memperoleh sokongan serta penghargaan, sehingga dapat membuat kita bahagia dan bergairah untuk membuat karya lagi.

Nah, jika kalian menulis cerpen, kalian akan memperoleh manfaat yaitu percaya duru kalian akan bertambah. Dengan cerpen yang ditulis, dapat dijadikan sebuah portofolio supaya lebih gampang memperoleh pekerjaan. Apalagi, dengan menulis cerpen akan melatih diri kita untuk lebih bangga sebab mampu menulis cerpen.

Ketika Anda yakin dengan karya cerpen yang Anda tulis, Anda dapat mencoba untuk mempublikasikannya ke web media. Anda akan mendapatkan fee jika karya Anda lolos dan dipublikasikan.

3. Meningkatkan Wawasan

Ketika Anda terus mengasah kemampuan di bidang menulis cerpen, tanpa Anda sadari pengetahuan Anda akan meningkat. Pengetahuan Anda dapat meningkat karena saat Anda menulis cerpen pasti sbelumnya akan melakukan observasi, sehingga dapat menciptakan cerpen yang istimewa. Tidak hanya itu, dapat membuat cerpen jadi lebih menarik saat dibaca.

Oleh sebab itu, menulis cerpen merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan wawasan serta mengasah otak kita untuk tetap berpikir jernih dalam merangkai sebuah kata.

4. Mengganti Sudut Pandang serta Pola Pikir

Ketika menulis cerpen, kita tentu akan memastikan sudut pandang dari suatu cerita, apakah sudut pandang orang awal kedua, serta seterusnya. Nah, dari sudut pandang seperti itu, kita akan gampang buat mengganti pola pikir, sehingga gampang buat menciptakan pemecahan dari sesuatu kasus.

Apalagi, sehabis membaca cerpen umumnya hendak terdapat pesan moralnya, sehingga pola pikir yang kurang baik dapat jadi lebih baik lagi. Tidak hanya itu, tidak akan gampang memperhitungkan baik ataupun buruknya seorang.

5. Bisa Menghibur Pembaca

Manfaat terakhir yang dapat kalian rasakan ketika menulis cerpen adalah dapat membuat pembaca terhibur. Terus menjadi banyak orang yang terhibur dari cerpen yang kalian tulis, hingga tidak menutup kemungkinan kalian akan jadi orang populer.

Sekianlah artikel daftar website yang akan membayar cerpen Anda. Harapan kami, semoga dengan adanya artikel ini, Anda dapat mempublikasikan hasil karya terbaik dan mendapatkan penghasilan sampinga dari karya cerpen Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: