pembuatan meta deskripsi

4 Cara Membuat Meta Description WordPress Yang SEO

Cara membuat meta description WordPress yang SEO. Sedikit panduan yang akan mempermudah Anda membuat meta deskripsi yang bagus untuk SEO. Ketika Anda melakukan pencarian di search egine Google, maka Google akan menyajikan berbagai macam informasi yang sesuai dengan kata kunci yang telah diketik.

Di situ nampak jelas Google menampilkan judul postingan Anda yang dilengkapi dengan meta deskripsi. Pertanyaannya, apa itu meta deskripsi? Meta Description (meta deskripsi) adalah tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai suatu halaman website. Meta deskripsi akan muncul di bawah URL halaman website.

Banyak yang menganggap bahwa meta deskripsi tidak begitu penting. Siapa bilang meta deskripsi tidak penting, meta deskripsi itu penting. Meta deskripsi menjadi faktor penting untuk SEO agar lebih kuat.

Dengan memberi meta deskripis yang bagus dan benar, maka bisa meningkatkan pengunjung website Anda nantinya. Tak hanya itu. Ketika meta deskripsi dengan judul Anda sangat berkaitan, bisa jadi postingan Anda akan berada di papan atas halaman pencarian.

Oleh karenanya, membuat meta deskripsi yang bagus sangat disarankan. Untuk Anda yang masih belum paham membuat meta deskripsi yang benar, berikut ini tips dan cara membuat meta deskripsi untuk memaksimalkan SEO di setiap postingan Anda.

Cara Membuat Meta Description WordPress Yang SEO

Berikut ini cara membuat meta description yang ramah SEO untuk memaksimalkan postingan di WordPress Anda.

1. Memasukkan kata kunci pada meta description

Tahukah Anda bahwa Google akan memberikan sebuah rangking yang bagus terhadap sebuah halaman yang memiliki meta deskripsi relevan dengan kata kunci judul yang digunakan? Ketika meta deskripsi Anda relevan dengan kata kunci judul Anda, ini menandakan bahwa postingan Anda konsisten, tidak melenceng dari kata kunci yang telah digunakan.

Dari kata kunci yang relevan itu, meta deskripsi Anda akan kuat. Yang pasti akan membantu halaman website Anda berada di posisi paling atas halaman pertama Google. Ini bukan tidak mungkin. Sebagai contohnya, saya akan memberikan contoh meta deskripsi yang relevan dengan kata kunci judul.

Misalnya, judul yang saya buat adalah “Tips Jitu Melupakan Mantan.” Maka saya akan membuat meta deskripsi seperti di bawah ini.

“Apakah Anda baru saja putus dengan pacar? Silahkan baca tips melupakan mantan ini. Dijamin 100% ampuh tanpa efek samping.”

Namun, ada yang perlu diperhatikan. Jangan mengulang-ulang kata kunci di meta deskripsi secara berlebihan. Hal ini bisa dianggap Google sebagai spaming keyword. Untuk itu, gunakan kata kunci di meta deskripsi secukupnya.

2. Memperhatikan jumlah karakter pada meta description

Ketika Anda membuat meta description, yang perlu diperhatikan adalah jumlah karakter dari meta deskripsi yang Anda buat. Google hanya akan menampilkan meta deskripsi sebanyak 156 karakter saja.

Jika Anda membuat meta deskripsi lebih dari itu, maka Google tidak akan menampilkannya dan hanya akan menampilkan (…). Ketika meta deskripsi terlalu panjang, Google tidak akan memperlihatkan isi meta deskripsi semua.

Saran saya, agar lebih aman, untuk pengguna wordpress bisa mengikuti saran dari yoast SEO. Di sana, Anda akan dipandu tentang penggunaan meta deskripsi yang ideal itu bagaimana.

Ketika batas meta deskripsi berwarna hijau, itu artinya jumlah karakter pada meta deskrisi sudah aman. Jika lebih, warna batasnya akan berubah menjadi merah. Supaya lebih aman, Anda bisa mengikuti saran yoast SEO.

3. Membuat meta description yang unik dan menarik

Ketika Anda membuat meta deskripsi yang unik dan menarik, pengunjung pasti akan penasaran dengan konten Anda saat menemukannya di halaman Google. Maka bukan tidak mungkin mereka akan mengeklik halaman Anda nanti.

Anda bisa mengikuti tips di bawah ini sebelum membuat meta deskripsi.

  • Buatlah kalimat tanya agar mereka merasa bahwa Anda sedang menanyakan permasalahannya.

Misalnya begini..

“Anda ingin jadi blogger terkenal?”

“Bingung mau memulai blogging dari mana?”

Atau Anda bisa memberi pertanyaan lain yang sesuai dengan konten yang ditulis.

  • Memberikan kalimat yang dapat dijadikan solusi bagi pembaca.

Misalnya, “blogging adalah cara tepat untuk memperkenalkan produk Anda melalui pemasaran online.”

  • Gunakan kalimat ajakan agar calon pengunjung tertarik untuk mengeklik halaman website Anda.

Misalnya, “pelajari di sini”

“baca selengkapnya.”

Baca Juga: Pentingnya Tautan Keluar Untuk SEO

4. Meta description wajib sesuai dengan konten

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah isi dari meta deskripsi yang Anda buat. Jangan sampai meta deskripsi yang dibuat tidak sesuai dengan isi konten Anda. Jika tidak sesuai, maka pengunjung akan meninggalkan halaman Anda setelah mengekilknya.

Maka dari itu, buatlah meta deskripsi yang sekiranya nyambung dengan isi konten Anda. Itu juga akan berdampak baik pada blog Anda sendiri. Mereka akan percaya pada postingan Anda ketika postingan tersebut menepati janji.

Jadi…. Antara judul, meta deskripsi, isi, harus sesuai.

Tidak boleh membodohi.

Sekian pembahasan tentang cara membuat meta description wordpress untuk memaksimalkan SEO di postingan Anda. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *