Blogger Kebumen, Raih Beragam Prestasi

Rini Novita Sari, wanita karir yang sukses di dunia blogging. Dara cantik berhijab asal Desa Grogol, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini menjadi salah satu kiblat para blogger di Indonesia khususnya di wilayah Kebumen yang dikenal ngapak ini. Ya, ora ngapak, ora kepenak. Tentu, ora ngeblog, juga ora kepenak.

Meski disibukkan dengan pekerjaannya di dunia akutansi, Rini, sapaan alumnus SMAN 1 Kebumen ini tetap menyempatkan dirinya mengurus blognya berlabel celotehdinihari.com.

Entah apa maksud judul yang cukup menarik ini. So, orang awam bilang pasti ide nama blog Rini ini lahir saat usai salat tahajud (sepertiga malam).

Terlepas dari itu, blog Rini sudah sekitar 300 artiker lebih diunggah. Semuanya hasil tetesan tinta alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STIESIA). Mulai tentang aplikasi, kecantikan, drama, hingga tips dan sharing.

Rata-rata ribuan pasang matang membaca dan memahami karya tulis Rini. So, tak akan rugi jika mengunjungi dan membaca karya anak bangsa alumni SMPN 1 Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini.

Rini mengaku belum lama terjun di dunia blogging. Berawal dari tugas sekolah sejak duduk di bangku SMAN 1 Kebumen, Rini mulai belajar.

Perlahan dilakukan dengan perjuangan tanpa sungkan. Ketika belum tahu trik dan ilmunya, Rini pun tak malu bertanya pada teman karib, senior dan ahlinya-ahli blogging.

Setetes ilmu blog sedikit banyak telah dirasakan. Lambat laun, Rini yang sedang menyenyam pendidikan di jurusan akutansi STIESA Surabaya sembari bekerja kembali membangkitkan blognya.

Tentu dirinya kembali belajar lagi. Mulai bertanya pada teman hingga menambah vitamin otak dengan membaca buku. Hobinya di dunia literasi menjadikan Rini bertambah wawasan dan ilmu.

Tepat 2017 Rini mulai mengawalinya dengan tekad dan semangat menambah ilmu menulis. “Awal ngeblog cuman buat isi aktivitas sepulang kerja aja. Buat stress healing. Dulu suka curhat, bagi-bagi info apapun yang aku tahu di blog,” tutur gadis yang suka traveling dan nonton drama Korea.

Dia pun mulai menggoreskan tintanya. Curhatan kecil menjadi awal Rini menulis di blog. Hingga kini sudah 300 artikel karya Rini Novita Sari. Semangtnya kian strong setelah hasil karya tulisnya dibaca khalayak.

Bahkan banyak pula ‘konsumen’ blog terbantu dengan kecerdasan karya tulis Rini. Tulisannya yang runtut sesuai kaidah jurnalistik dan mudah dipahami menjadi salah satu ciri khasnya. “Ada yang beberapa terbantu dengan yang aku tulis, itu happy,” jelas putri ketiga dari tiga bersaudara ini.

Tak berhenti begitu saja, Rini berusaha mengembangkan karyanya dengan mengikuti beragam lomba karya tulis. Pada 2019 misalnya, Rini empat kali meraih juara. Yakni, blog berjudul ‘Aman dan Berkualitas dengan Refill Toner’ menempatkan karya Rini Novita Sari meraih Juara I Pantum Blog Competition 2019.

Dan pemikirannya berjudul ‘bisnismu #kapannaikkelas’ juga membawa Rini Juara I Accurate Blog Competition 2019. Sedangkan juara II diraih saat Rini membawakan karya tulis bertema ‘Muda Berinvestasi’ dalam Ajaib Investasi Blog Competition 2019.

Sementara blog berjudul ‘Pentingnya Backup Data Smartphone’ membawa Rini meraih juara V dalam Sandisk Blog Competition 2019. Pada 2020 meraih hadiah hiburan dalam Blink Beauty Blog Contest.

Meski sejumlah prestasi diraih, Rini terus belajar menulis dan tak henti menimba ilmu menulis serta membagi-bagikan trik menulisnya pada teman, sahabat, karib dan rekan kerja yang membutuhkan. Hingga kini Rini bisa dijuluki venue prasmanan ilmu blogger.

13 KOMENTAR

  1. Kereeen. Setuju nih dinobatkan sebagai kiblatnya para blogger. Khususnya yang newbie kayak saya. Hahaha.

  2. Kalo tidak salah, saya berteman juga dengan beliau di Facebook. Btw ulasannya keren, pembawaan santai dan enak di baca..

  3. Ini baru #BloggerKeren, udah cantik, berprestasi, tidak sombong lagi. Langsung cuss ke tekapehhh…

  4. keren banget, jadi inspirasi untuk banyak orang. blog dan tulisan-tulisannya juga bagus-bagus..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here