Punya bakat menulis?

Wow, sayang sekali kalau nggak dimanfaatkan.

Jika Anda sedang mencari informasi terkait situs yang membayar tulisan secara online, maka Anda sudah berada di halaman yang tepat.

Asal Anda tahu, saat ini, masih banyak situs-situs profesional yang membayar penulis lepas.

Jadi, Anda tak perlu khawatir jika mempunyai skill menulis, kemudian ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui menulis.

Untuk bisa mendapatkan uang tambahan, di era digital seperti sekarang ini bisa dibilang cukup mudah.

Yang terpenting adalah Anda punya skill dan hobi yang sekiranya bisa berpeluang menghasilkan uang.

Salah satu contohnya adalah menulis. Anda bisa menyalurkan hobi nulis tersebut ke berbagai media atau website yang membayar tulisan.

Untuk Anda yang belum tahu apa saja website yang membayar tulisan di tahun 2020, berikut ini daftar website yang akan membayar tulisanmu :

6 Website Yang Akan Membayar Tulisanmu

Daftar website yang membayar tulisan Anda di tahun 2020.

 

1). Ekspresikan Tulisanmu di Pojok.in

Untuk Anda yang punya skill menulis, kemudian ingin tulisannya menjadi uang, situs pertama yang wajib Anda coba adalah Pojok.id.

Kirimkan artikel terbaikmu yang akan diterbitkan di sana.

Situs Pojok.id akan membayar Anda berdasarkan jumlah view/ pembaca. Rate yang diberikan situs ini pun cukup mahal. Yakni $8 untuk setiap 1000 pembaca aktif.

Situs ini lebih condong ke konten viral. Jadi, untuk mendapatkan view yang banyak, Anda bisa membuat konten yang viral.

Di Pojok.id, Anda bisa menarik gajian minimal Rp. 50.000. Maksimal tak terbatas. Ada tiga opsi pembayaran yang disediakan Pojok.id. Yaitu via bank, ovo, dan go-pay.

Jika tertarik menulis di Pojok.id, Anda bisa langsung mengunjungi situsnya. Mulailah menulis artikel yang viral yang sekiranya bisa dikunjungi oleh banyak orang.

Baca Juga : 4 Website Yang Membayar Cerpenmu

2). Menulis di Mojok.co

Penulis lepas mana yang tak kenal situs ini. Mojok.com sudah cukup populer di kalangan freelance.

Sudah banyak para penulis lepas yang merekomendasikan situs ini sebagai wadah karya tulis yang penulisnya dibayar.

Hampir sama dengan Hipwee. Situs ini menerima artikel dengan panjang kata minimal 800 kata.

Semakin panjang dan bagus, maka 100% lebih mudah diterima oleh tim redaksi Mojok.co.

Mojok.co membuka empat rubik. Jadi, bagi Anda yang ingin menjadi penulis di sana, Anda harus tahu empat rubik yang disediakan. Berikut ini empat rubik yang disediakan Mojok.co :

  • Esai : Rubik reguler, tayang setiap hari. Tulisan tentang isu-isu yang sedang panas. Bisa juga cerita menarik yang memang perlu diceritakan. Bisa tema sosial, politik, keagamaan, seni, budaya, atau apapun itu. Intinya, yang sekiranya menarik untuk ditulis.
  • Rerasan : Tayang seminggu sekali. Hampir sama dengan rubik esai. Namun, harus ditulis dalam bahasa jawa.
  • Konter : Tayang seminggu sekali. Tulisan yang membahas tentang teknologi. Bisa gadget, jam tangan, mainan robot, atau apa saja yang masih berhubungan dengan teknologi.
  • Otomojok : Tayang seminggu sekali. Tulisan yang membahas tentang dunia Oto. Bisa berupa review kendaraan, atau pengalaman pertama saat mengendarai kendaraan, intinta otomotif.

Kelebihan situs ini. Anda bisa mendapatkan Rp. 300.000 untuk setiap artikel yang dibuat. Namun, Anda harus membuat artikel yang berkelas supaya lolos filter di meja redaksi Mojok.co ini.

Cukup mahal untuk gajian seorang penulis lepas. Kita tinggal duduk sambil nulis dan nyruput kopi, kemudian menunggu artikel terbit, lalu digaji.

Untuk Anda yang punya skil menulis di atas rata-rata, Anda bisa bergabung di situs Mojok.co dan muali menghasilkan rupiah.

3). Menulis di Situs Geotimes.co.id

Jika Anda menguasai sebuah bidang tertentu. Politik, misalnya. Anda bisa bergabung menjadi penulis Geotimis untuk bisa menghasilkan rupiah.

Situs ini lebih cenderung dengan pembahasan berat. Banyak para dosan-dosen Indonesia yang ikut serta menulis di situ yang satu ini.

Jumlah kata tulis yang ditetapkan oleh mereka antara 750 – 1000 kata. Lebih dari itu, peluang lolos dari meja redaksi akan lebih mudah.

Penulis akan mendapatkan uang ketika artikel yang dikirim dibaca lebih dari 5000 orang atau pengguna aktif dalam rentang waktu 7 hari.

Situs ini merekomendasikan konten yang aktual, konten tang masih hangat. Namun, bukan konten hoax.

4). Menulis di Brlilio.net

Brlilio.net juga cukup terkenal. Jenis konten yang dimuat di situs ini rata-rata seputar kehidupan masyarakat milenial. Problematika anak-anak muda, juga artis-artis yang lagi trending.

Artikel yang bisa lolos dari seleksi akan ditampilkan langsung di halaman utama. Kemudian penulis akan langsung dibayar 200.000 untuk setiap artikelnya.

Sangat cocok untuk Anda yang masih mudah dan mempunyai skill menulis. Anda bisa bercerita tentang masalah-masalah kehidupan yang sering dialami masyarakat milenial.

5). UCnews

UCnews merupakan aplikasi dan portal berita online yang menawarkan kesempatan bagi para orang yang berkontribusi untuk mengirimkan artikel terbaiknya.

UCnews memiliki dua cara untuk membayar kontributornya. Pertama, kontributor harus terikat dan menulis sebanyak 20 artikel dalam satu bulannya.

Kedua, penulis dibayar untuk setiap jumlah pembacanya. Untuk Anda yang ingin berkontribusi menjadi penulis UCnews, Anda bisa langsung daftar ke situsnya.

6). Menulis di Fathnan.id

Wow, ternyata blog ini juga memberi kesempatan bagi Anda yang suka menulis. Anda bisa mengirimkan tulisan dengan nice yang sudah disediakan di menu blog ini.

Tulisan akan direview dulu sebelum diterbitkan. Jika lolos, satu artikel akan dibayar Rp. 150.000.

Untuk mengirimkan artikelnya, Anda bisa mengirim lewat email dengan memberikan informasi lengkap seperti nama dan alamat lengkap. Kirim tulisannya di email : mbaengguyu@gmail.com.

Sekianlah informasi tentang 6 website yang membayar tulisanmu. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here