membuat blog ramai pengunjung

10 Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

Jika kemarin saya menulis artikel tentang wawasan agar Anda semangat menulis artikel di blog, maka sekarang saya akan berbagi tips untuk Anda. Empat langkah cerdas membuat blog ramai pengunjung.

Pertanyaan pertama yang akan saya berikan kepada Anda adalah apakah konten Anda cukup menarik? Bermanfaat kah bagi pembaca? Sehingga bisa mengubah pengunjung blog Anda menjadi terus menerus mendatangi blog Anda?

Mungkin beberapa konten yang sudah Anda buat dapat mendorong niat mereka untuk datang lagi, lagi, dan lagi. Atau bisa saja sebagian konten Anda hanya menjadi arisp tanpa ada yang mengunjungi sama sekali.

Sebagai seorang blogger, Anda sebaiknya menulis konten yang dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan tetap pembaca blog Anda.

Memang, itu bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika artikel Anda masih di bawah 1000. Tentu, untuk mendapatkan page view 1000 per days rasanya sangat mustahil jika konten tidak ada nilai plus dan optimalisasi mesin pencari di dalamnya.

Ada teknik khusus yang harus Anda terapkan. Ini menyangkut antara dua pilihan. Search engine, dan pembaca. Namun, jika Anda menulis tanpa menerapkan artikel SEO di dalamnya, Jangan harap artikel Anda akan mudah ditemukan calon pembaca blog Anda di mesin pencari.

Selanjutnya, Jika konten Anda tidak punya nilai tambah di dalamnya, jangan harap mereka mau datang kembali untuk mengunjungi blog Anda lagi. Apalagi jika sampai blog Anda sulit diakses mereka.

Spesial dari santri internet marketers Tuban, Jawa Timur. Kali ini saya akan memberikan tips ampuh membangun blog agar ramai pengunjung. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Blog Ramai pengunjung

Ada beberapa cara ampuh yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog Anda ramai pengunjung. Berikut ini cara yang dapat dilakukan:

1. Membuat judul yang menarik perhatian

Judul konten Anda adalah faktor paling penting dalam mempengaruhi keterlibatan pembaca. Beberapa dari orang yang ingin mengeklik halaman itu dikarenakan judulnya yang unik. Bagaimana calon pengunjung mau klik jika judulnya saja tidak meyakinkan.

Iya kan? Judul adalah titik vital terpenting bagi mereka. Kesimpulannya, seharusnya judul yang Anda buat sudah menjadi jawaban bagi mereka. Sebelum membuat judul, ada baiknya Anda membaca artikel tentang pentingnya riset kata kunci sebelum membuat artikel di blog.

Baca Juga: Proses Seorang Blogger, Hingga Hasilkan 4 Juta+ Seminggu

2. Judul artikel wajib memenuhi janji

Yang perlu Anda pastikan adalah judul harus memenuhi apa yang Anda janjikan pada judul konten yang dibuat. Mereka melakukan klik di halaman Google karena mereka tertarik dengan judul konten Anda.

Ini adalah hal yang paling penting yang perlu Anda ingat ketika Anda sudah mulai menuliskan kalimat di paragraf awal. Jika konten yang Anda buat tidak dapat memenuhi janji, tentu pengunjung Anda akan meninggalkan blog Anda.

Mereka akan berpikir begini “untuk apa saya datang di blog ini lagi, sedangkan isi artikelnya saja tidak memenuhi janji.” Logikanya, konten Anda tidak dapat menjadi solusi bagi permasalahan mereka.

Ingat! Bahwa kita membuat konten karena tujuan kita untuk membuat pengunjung agar membaca kalimat berikutnya, lalu kalimat selanjutnya hingga pada akhir paragrafnya.

Jadi, Anda harus selalu mengingat bahwa selain judul yang penting harus disertai dengan konten yang memenuhi janji. Jangan judulnya saja yang menarik. Tetapi, nilai konten tidak sama sekali.

3. Buat artikel yang mudah dibaca

Sebagian besar pengunjung yang datang dari mesin pencari menemukan blog, kemudian menghabiskan waktu kurang dari 15 detik. Ini artinya, mereka membaca sangat cepat untuk artikel yang dicari.

Mereka memindai kata demi kata hanya untuk mencari kesamaan dari apa yang mereka cari. Jika konten Anda sulit untuk dicerna, pastinya mereka tidak akan bertahan. Mereka justru pergi ke blog pesaing Anda untuk menemukan konten yang mudah dikonsumsi.

Jadi, tugas Anda selanjutnya adalah membuat konten yang mudah untuk dikonsumsi. Bagaimana caranya?

Berikut ini cara membuat konten yang mudah dikonsumsi.

  • #Paragraf pendek – Tulislah dengan paragraf pendek. Sebaiknya, Anda menulis paling maksimal 3 baris di setiap paragrafnya. Pecah-pecah konten Anda menjadi paragraf pendek. Buat konten Anda agar lebih mudah dicerna oleh pembaca. Anda bisa mengamati tulisan postingan ini.
  • #Buat mereka penasaran – Dengan membuat mereka penasaran, maka mereka akan memulai membaca kata demi kata agar konten Anda bisa jelas bagi mereka.
  • #Gunakan poin-poin penjelasan – Selanjutnya gunakan poin-poin penjelasan. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat dan memperjelas apa yang Anda jelaskan nantinya.
  • #Gunakanlah gambar yang unik dan menarik – Gambar tetap menjadi faktor penting supaya pembaca tidak akan jenuh hanya dengan melihat teks saja. Berikan gambar yang unik yang sekiranya mampu mewakili tulisan Anda.

Intinya, gunakanlah setiap paragraf maksimal tiga baris untuk satu paragrafnya.

4. Yakinkan mereka

Tips terakhir adalah mengajak mereka untuk segera yakin kepada Anda. Yakinkan pembaca blog Anda bahwa apa yang Anda tuliskan adalah cara terbaik bagi mereka. Yakinkan pembaca bahwa apa yang Anda tulis sangat membantu permasalahan mereka.

Pastikan Anda bisa mendapatkan kepercayaan mereka. Buat mereka sadar bahwa apa yang baru saja mereka baca adalah apa yang mereka butuhkan saat ini.

Jangan pernah membodohi pembaca! Jika Anda pernah membaca “TOS Google.” DI dalamnya memberitakan tentang jangan membodohi pembaca! Buat konten Anda terlihat natural, jangan memberitakan apa yang tidak pernah Anda lakukan karena di sini Anda mengajak mereka untuk action agar mereka tahu kalau apa yang mereka baca adalah apa yang pernah Anda rasakan dan alami.

5. Optimasi SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah langkah-langkah untuk membuat blog Anda ditemukan dan diperingkat tinggi oleh mesin pencari seperti Google. Lakukan penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan dan gunakan mereka dalam judul, paragraf pertama, dan konten blog Anda. Pastikan juga blog Anda memiliki URL yang ramah SEO, tag meta yang relevan, dan struktur yang terorganisir.

6. Promosi ke sosial media

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan blog Anda. Buat akun media sosial yang konsisten dengan merek Anda dan bagikan posting blog Anda di platform media sosial yang relevan untuk audiens Anda. Gunakan tagar yang relevan, gambar menarik, dan ajak pembaca untuk berinteraksi dengan konten Anda.

7. Bangun jaringan dan kolaborasi

Bangun jaringan dengan blogger lain, kolaborasi dalam bentuk tukar link atau tukar posting tamu untuk meningkatkan visibilitas blog Anda. Melalui kolaborasi, Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dan memperoleh backlink yang dapat meningkatkan peringkat SEO blog Anda.

8. Buat Branding yang kuat

Branding yang kuat dapat membantu blog Anda menjadi lebih mudah diingat dan dikenali oleh pembaca. Buat logo, tagline, dan desain yang unik dan konsisten untuk blog Anda. Pastikan juga brand Anda tercermin dalam setiap aspek blog Anda, mulai dari tata letak, warna, hingga gaya penulisan.

9. Fokus pada pengalaman pengunjung

Pastikan blog Anda memiliki tata letak yang menarik, mudah dinavigasi, dan responsif untuk perangkat mobile. Sediakan opsi berlangganan, komentar, dan berbagi konten di blog Anda untuk mendorong interaksi pembaca. Dengan memberikan pengalaman pengunjung yang baik, mereka lebih cenderung kembali ke blog Anda dan membagikannya kepada orang lain.

10. Beri nilai tambah

Selalu berfokus untuk memberikan nilai tambah kepada pembaca Anda. Carilah celah atau permasalahan dalam niche Anda, dan ciptakan konten yang memberikan solusi atau jawaban yang relevan. Dengan memberikan nilai tambah, Anda akan membangun kepercayaan dan loyalitas pembaca, yang akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung.

Itulah 10 cara membuat blog Anda ramai pengunjung. Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel di situs Fathnan.id. Jika artikel ini bermanfaat, Anda dapat membagikannya ke sosial media.

8 komentar untuk “10 Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung”

  1. apakah pemilik blog ini seorang santri?, hebat betul seorang santri dapat menaklukkan SEO pada blog, salam santri

  2. kak boleh tanya?
    di blog saya sebelumnya tidak ada pengunjung sama sekali, tapi entah kenapa beberapa bulan kemudian tiba-tiba dari 1 artikel saya muncul trafik organik yang entah darimana asalnya, dan itu hanya pada 1 artikel saya tidak yang lain,

    1 artikel saya dalam 5 bulan mencapai 5555 page view, trafik organik per harinya pada 1 artikel saya itu stabil, sedangkan yang lain tidak nambah sama sekali

    kok bisa gitu kenapa ya kira-kira?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *